Rabu, 19 Juni 2024

Walikota dan TP PKK Kota Pematangsiantar Hadiri Pelepasan Anak PAUD


SIANTAR Infocusnews.id - Wali Kota Pematangsiantar yang juga Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA didampingi Ketua TP PKK H Kusma Erizal Ginting SH menghadiri Pelepasan Siswa-siswi PAUD Sanggar Anak Balita (SAB) yang dikelola Tim Penggerak (TP) PKK se-Kota Pematangsiantar. Acara pelepasan digelar di Lapangan Adam Malik, Rabu (19/06/2024)

Acara pelepasan siswa-siswi PAUD SAB binaan TP PKK Pematangsiantar ini menjadi momentum untuk senantiasa melakukan pembinaan terhadap generasi emas bangsa. “Bagaimana mereka menampilkan kebolehan dan kreativitasnya. Mungkin selama ini sudah berlatih dengan sangat serius. Tadi kita lihat hasilnya tidak kalah seru, tidak kalah menariknya anak-anak ini dengan penari-penari dewasa,” sebut dr Susanti.

Wali Kota Pematangsiantar sekaligus Bunda PAUD Kota Pematangsiantar itu juga menyampaikan, acara pelepasan ini dapat dijadikan sebagai ajang menunjukkan kreativitas anak-anak. "Acara ini dijadikan sebagai ajang mereka dalam menampilkan kebolehan dan kreativitasnya. Mungkin selama ini sudah berlatih dengan sangat serius. Tadi kita lihat hasilnya tidak kalah seru, tidak kalah menariknya anak-anak ini dengan penari-penari dewasa," ujar Susanti.

Dalam sambutannya, Susanti menjelaskan, pendidikan anak pada usia dini merupakan salah satu bentuk pendidikan yang menitikberatkan pada peletakkan dasar pertumbuhan anak sejak lahir sampai usia enam tahun. Menurutnya, di usia ini, anak-anak akan memperoleh masa perkembangan moral, perkembangan fisik, kecerdasaan, emosional, bahasa, dan komunikasi. Susanti juga mengucapkan selamat kepada anak-anak yang telah lulus PAUD dan yang akan melanjutkan pendidikannya di bangku sekolah dasar (SD). 

 Ketua Panitia Penyelenggara Friado Damanik mengatakan, pelepasan ini menjadi tanda keikutsertaan anak didik di PAUD SAB. “Serta untuk mempersiapkan anak-anak memasuki ke jenjang pendidikan selanjutnya, dan memberikan motivasi serta penghargaan kepada anak didik, pendidik, dan tenaga kependidikan PAUD SAB,” ucapnya. 

Friado mengungkapkan, ada 1.100 peserta didik PAUD SAB yang hadir pada acara itu. Dari angka itu, sebanyak 596 yang dilepaskan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. 

Sebagai informasi, agenda itu turut dihadiri oleh Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Pematangsiantar Fenta Junaedi Sitanggang, Kepala Dinas Pendidikan Muhammad Hamdani Lubis, dan Staf Ahli Wali Kota Bidang Pemerintahan Happy Oikumenis Daely. 

Kemudian, perwakilan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Pematangsiantar, perwakilan Persit Kartika Chandra Kirana (KCK), dan Bhayangkari. Hadir pula para pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), para Bunda PAUD Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Pematangsiantar, para kepala sekolah, serta guru PAUD se-Kota Pematangsiantar./01/JS

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.